Senin, 21 September 2015

Baut Roda Mobil Patah Cek Torque Dan Jenis Mur Baut



Moment Kekencangan, Baut Patah, Aus, Besar Kecil Ukuran Baut
   
baut roda
 
Pernah mengalami baut roda patah atau aus?, biasanya terjadi setelah beberapa kali baut tersebut dibuka dan dipasang lagi, jika baut mobil baru ( dari pabrik ) pasti sudah melalui pengecekan, sehinga saat melepas terasa kencang tetapi tidak sampai baut tersebut rusak atau aus, yang seling disebut selek.
Ada baiknya kita mengetahui tentang kekuatan baut dari sisi moment puntir atau kekuatan menahan saat diputar, karena masing-masing mempunyai kekuatan yang berbeda2,dilihat dari diameter dan bahan dasar baut tersebut.
untuk baut roda biasanya berdiameter 14mm, karena baut berbagai macam dari ukuran 8mm,10mm,12mm,14mm.
Untuk modifikasi mobil supaya tampilan keren biasanya banyak perubahan yang dilakukan,Sama halnya saat mur roda atau mur pengikat pelek ikut diganti dengan yang lebih berwarna. Salah satu yang kini lagi digemari adalah mur roda racing


Mur roda dengan warna ngejreng dan bahan dasar logam aluminium, memang layaknya sebuah besutan balap. Bobotnya yang ringan, dipercaya mampu menyumbang tambahan performa pada besutan kesayangan.
 
baut roda bisa aus

Hanya saja, aplikasi mur roda ringan yang banyak dijual bebas ini, memiliki spesifikasi yang harus menyesuaikan kebutuhan mobil jangan asal beli. Salah beli bisa fatal akibatnya
Khususnya pada desain moncong mur yang memiliki dua tipe berbeda, yakni cone type (kerucut) atau sleeve type (model sok).
 Mur roda jenis sok alias sleeve type memiliki ketebalan dinding cukup tebal
Mur roda yang dipakai adalah model kerucut (cone type) yang sebenarnya diperuntukkan untuk pelek dengan lubang baut yang hanya lebih besar sedikit dari diameter baut roda itu sendiri.


 Bentuk bibir mur roda racing model cone tak cocok bila diaplikasikan ke pelek dengan diameter lubang mur besar
Saat mur roda dipasangkan, jelas mur model cone type tak bisa memegang atau mengikat pelek dengan baik. Buntutnya sudah jelas, pemilik mobil atau mekanik akan terus memberikan torsi yang berlebihan pada kunci palang. "Idealnya kalau mengencangkan dengan kunci momen adalah sekitar 14 Kgm,"
 
kunci oment otomatis

Lantaran mur roda yang tak sesuai tadi, pelek tak pernah bisa duduk dengan sempurna dan bahkan bisa goyang atau bergeser dari hub roda. Bila kondisi ini terjadi saat mobil berkecepatan tinggi, baut roda akan mudah patah. "Ini lantaran tensile strength baut roda tak kuat menahan beban berlebihan saat pelek bergoyang,"
Tentunya solisinya jika ingin aman maka harus mengunakan kunci momen atau torsi pada kunci tersebut tertera angka yang akan diperoleh. Misalkan, 11 kgf.m putar dulu setelannya, maka kunci akan berbunyi ketika torsi tersebut sudah tercapai.
cara mudah untuk mengencangkan mur roda .
Pertama-tama pasang baut atau mur roda hingga benar-benar terikat seluruhnya. Untuk meyakinkan kekuatan ikatan baut atau mur roda, pegang kunci mur roda itu pada satu sisi dengan kedua tangan.
Sebelumnya tempatkan dulu kunci pada posisi jam 3 dari roda. Lalu pegang menggunakan kedua tangan pada kunci roda dan tekan dengan kedua tangan lurus. Jadi, dengan mengandalkan berat badan bisa diperkirakan kekuatan puntir baut atau mur roda mendekati angka yang serupa dengan kunci momen.


 
moment kekencangan

Cara lain, gunakan kunci momen dengan ketika petugas bengkel mengencangkan baut atau mur roda, lalu coba putar hingga kekencangan torsi baut atau mur itu sesuai. Jadi, bisa diperkirakan seberapa kuat kita mesti mengencangkannya
untuk mur yang lainya ( selain mur roda ) pada dasarnya sama saja, moment kekencangan disesuaikan dengan besarnya diameter.
kusus untuk baut yang digunakan di posisi tertentu, seperti baut cylinder head biasanya mengunaka bahan dan mempunyai spesifikasi tersendiri, dari kekuatan dan cara mengencangkan.

Cara mengencangkan mur roda juga ada caranya agar mur bekerja dengan benar sesuai harapan, cukup sederhana yaitu dengan cara mengencangkan secara silang  

Demikian semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar